Wajib Ketahui Biaya Apa saja yang ada Pada Kartu Kredit

Posting Komentar
Mempunyai kartu kredit bukan berarti kamu bisa bebas begitu saja menggunakan saldo kartu kredit untuk pembayaran atau pembelian ini dan itu, memang tidak ada yang melarang pengguna kartu kredit untuk menggunakan saldo kartu kredit untuk suatu transaksi ataupun pembayaran dan belanjaan, namun ingat kartu kredit bukan kartu yang dapat digunakan tampa adanya biaya biaya yang akan kamu bayarkan pada tanggal yang sudah ditentukan. Apabila yang menggunakan kartu kredit atau pemegang kartu kredit tidak bisa mengontrol penggunaan kartu dengan baik, maka kamu akan menghadapi masalah yang banyak atau berujung pada masalah hutang nantinya.


Wajib-Ketahui-Biaya-Apa-saja-yang-ada-Pada-Kartu-Kredit



Sebaiknya pengguna kartu kredit harus mengetahui hal hal apa saja yang harus dihindari agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan seperti menumpuknya hutang atau beratnya untuk membayar tagihan kartu kredit pada tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit. Hal hal apa saja yang perlu kamu ketahui bagi pengguna kartu kredit yang harus di hindari, berikut ulasanya.


  • Hindari pemakaian limit kartu kredit sampai habis
  • Sebisa mungkin hindari tarik Tunai menggunakan kartu kredit jika tidak terlalu terpaksa
  • Adanya pembayaran minimum peyment
  • Terjadinya Tunggakan pembayaran tagihan kartu kredit


Kemudian setiap pengguna kartu kredit atau pemegang kartu kredit sebaiknya harus mengetahui biaya apa saja yang ada di kartu kredit dan apa saja yang dikenakan biaya pada saat menggunakan kartu kredit, sebaiknya kamu ketahui dulu biaya biaya yang ada pada kartu kredit berikut ini.



1.Biaya Tahunan kartu kredit


  • Pemegang kartu kredit akan dikenakan biaya tahunan, namun biasanya akan digratiskan pada tahun pertama ( Tergantung dari kebijakan masing masing provider kartu kredit atau perusahaan kartu kredit) Berapa jumlah biaya tahunan kartu kredit, nah untuk jumlah biaya tahunan kartu kredit tentunya disesuaikan dengan fasilitas kartu kredit dan hal ini tentunya berbeda beda setiap kartu kredit. Namun biaya tahunan kartu kredit bisa kamu bayar dari poin yang kamu dapatkan dari setiap penggunaan kartu kredit atau setiap transaksi dari kartu kredit. Jadi, jangan kamu anggap penggunaan kartu kredit gratis 

2.Biaya Keterlambatan kartu kredit

  • Pemegang kartu kredit akan ditagih pembayaran setiap bulan nya sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan, jadi jika kamu terlambat membayar tagihan kertu kredit maka kamu akan dikenakan biaya tambahan atau biaya atas keterlambatan permbayaran kartu kredit, jadi sebisa mungkin bayarlah tagihan kartu kredit tepat waktu agar kamu tidak mengalami pembayaran kartu kredit dua kali ( pembayaran tagihan utama tambah denda keterlambatan)

3.Biaya Bunga Kartu Kredit


  • Pemegang kartu kredit harus membayar bunga jika menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembayaran secara kredit atau dengan cara menyicil  ( cicilan ), namun yang pastinya untuk bunga sudah ditetapkan berapa biaya bunga penggunaan kartu kredit

4. Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit



  • Kartu kredit bisa kamu gunakan untuk tarik tunai uang layaknya kartu debit yang bisa kamu gunakan tarik tunai uang melalui mesin ATM. Namun ada biaya yang harus kamu bayar walaupun menggunakan ATM dari Bank Penerbit kartu kredit. tentunya hal ini berbeda dengan kartu Debit.

5.Biaya Overlimit kartu kredit

  • Beberapa Bank Menerapkan adanya biaya overlimit atau kelebihan batas penggunaan saldo kartu kredit, namun ada juga yang membatasi limit kartu kredit jadi pada saat penggunaan kartu kredit mendekati atau mencapai limit, maka kartu kredit tidak bisa digunakan sampai tagihan kartu kredit dilunasi

6.Biaya Informasi Kartu Kredit



  • Pengguna kartu kredit atau pemegang kartu kredit yang ingin mendapatkan informasi terkait berapa jumlah tagihan kartu kredit yang akan dibayarkan, maka biaya cek informasi kartu kredit tentunya akan dibebankan kepada pengguna atau pemegang kartu kredit.


Itulah informasi yang perlu kamu ketahui mengenai biaya apa saja yang ada di kartu kredit, setidaknya setelah kamu mengetahui biaya biaya yang ada di kartu kredit admin harap kamu bisa dengan bijak menggunakan kartu kredit, hindari hal hal yang serasa tidak terlalu penting.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan tips penggunaan kartu kredit yang baik dan benar, simak juga ulasan berikut ini semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu yang memiliki kartu kredit.

  • Batasi pengeluaran sebaik mungkin
  • Lunasi tagihan pembayaran kartu kredit tepat waktu
  • Hati hati dalam membayar minimum peyment
  • Hindari ketertarikan promo kartu kredit, jikapun kamu tertarik maka pahami dan pelajari lebih dulu
  • cek tagihan kartu kredit secara berkala


Nah sekianlah yang bisa admin bagikan dalam artikel singkat ini,semoga dengan adanya ulasan cara cek tagihan pembayaran kartu kredit bisa menambah informasi kamu, dengan mengetahui adanya biaya biaya kartu kredit admin harap kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan baik dan bijak. Informasi lebih lanjut bisa datang lansung ke Bank yang akan kamu pilih untuk mengajukan pembuatan kartu kredit. Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel diatas.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter