Kelebihan dan kekurangan menggunakan kartu kredit

Posting Komentar
Sesuatu yang kita miliki apabila bisa menggunakan nya dengan baik dan bijak tentunya seseorang yang mempunyai akan mendapatkan kebaikan atau keuntungan,namun apabila seseorang yang mempunyai sesuatu tersebut tidak bisa mempergunakan sesuatu tersebut dengan baik dan tidak pada tempatnya,maka dia akan menemukan kerugian atau keburukan. Nah, begitu juga dengan mempunyai kartu kredit. Kartu kredit adalah kartu yang akan membantu kamu untuk mempermudah dalam hal transaksi pembayaran atau belanja, dengan mempunyai kartu kredit maka kamu tidak perlu membawa uang chas atau uang tunai, karena dengan adanya kartu kredit kamu akan bisa berbelanja dan bayar menggunakan kartu kredit. Zaman sekarang ini tidak ada yang tidak kenal dengan kartu kredit dan tidak ada yang tidak tahu apa itu kartu kredit. bahkan sudah hampir semua orang yang punya kartu kredit dan bahkan lebih dari satu kartu kredit yang dimiliki oleh satu orang, satu orang bisa mempunyai kartu kredit lebih dari dua.


keuntungan-dan-kerugian-menggunakan-kartu-kredit


Begitu juga dengan limit kartu kredit yang bisa kamu dapatkan dengan jumlah besar,namun tentu nya akan disesuikan dengan jumlah penghasilan kamu perbulan nya. Karena pada saat pembuatan kartu kredit atau pengajuan untuk mendapatkan kartu kredit akan dilengkapi dengan syarat syarat surat gaji atau slip gaji yang merupakan sebagai syarat wajib agar proses pengajuan pembuatan kartu kredit kamu dapat di proses.

Lalu, apa saja keuntungan atau kelebihan apabila kita menggunakan kartu kredit untuk pembayaran belanja, kemudian apakah ada kerugian atau kekurangan dari penggunaan kartu kredit ini. Nah, untuk lebih jelasnya bisa kamu simak ulasan berikut ini apa saja kelebihan penggunaan kartu kredit dan apa saja kekurangan penggunaan kartu kredit.


Kelebihan atau keuntungan yang kamu dapatkan apabila mempunyai kartu kredit

  • Kamu tidak perlu membawa uang tunai atau uang chas lagi dalam jumlah banyak apabila kamu ingin berbelanja, lalu jika tidak membawa uang tunai bagaimana cara membayar transaksi atau belanja. Nah, itulah kelebihan dari seseorang yang mempunyai kartu kredit, dengan adanya kartu kredit maka kamu bisa dengan mudah untuk membayar belanjaan melalui kartu kredit tampa perlu lagi mencari mesin ATM untuk menarik tunai uang. Kartu kredit tentunya juga dapat memberikan rasa nyaman dan kenyaman dalam penggunaan nya untuk transaksi pembayaran belanjaan anda

  • Dengan menggunakan kartu kredit tentunya kamu akan mendapatkan perlindungan tambahan atas pembelian yang tidak kamu dapatkan apabila berbelanja dengan pembayaran uang tunai atau chas

  • Kartu kredit akan sangat membantu sekali apabila kamu sedang dalam kondisi darurat keuangan, misal nya kamu tidak mempunyai uang tunai dalam hal pembayaran,maka kartu kredit bisa kamu jadikan sebagai alat pembayaran. Namun kamu harus bisa mengontrol penggunaan kartu kredit dengan baik dan bijak

  • Kartu kredit juga terbilang mudah dalam penggunaan, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran belanja baik belanja online maupun belanja offline dimana saja

  • Kartu kredit juga sering menawarkan beragam promo cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit, selain promo cicilan tentunya masih banyak promo lainya yang dikhususkan untuk pengguna kartu kredit card seperti misal nya cash back, discount dan lain lain.

  • Pengguna kartu kredit juga akan merasa aman jika dibandingkan dengan membawa uang chas atau uang tunai dalam jumlah banyak yang pastinya bisa mengurangi resiko pencopetan dijalan, pencurian atau penjambretan atau hal hal yang sama sekali tidak kita inginkan. Membawa kartu kredit lebih simple karena bentuk nya yang begitu hampir sama dengan KTP atau SIM lebih kurang.

  • Pengguna kartu kredit tentunya bisa melacak pengeluaran, dengan menggunakan kartu kredit dalam pembayaran kamu bisa mendapatkan catatan transaksi sehingga kamu lebih mudah melacak untuk apa saja pengeluaran yang telah kamu lakukan.
  • Belanja online akan lebih terasa mudah karena saat ini banyak toko toko online yang menyediakan pembayaran melalui kartu kredit.

  • Kartu kredit dapat dipergunakan diseluruh Dunia, dengan begitu kamu tidak perlu repot repot untuk menukarkan mata uang ke mata uang Negara Lainya.


Kekurangan atau kelemahan dalam mempunyai kartu kredit

  • Mempunyai kartu kredit tidaklah gratis,apabila kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar belanjaan, maka artinya kamu telah berhutang pada Bank yang harus dan wajib kamu bayar pada tanggal yang telah di tentukan, apabila kamu tidak bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak dan cerdas,dengan kata lain menggunakan kartu kredit tampa batas dan bahkan sampai limit,hal ini tentunya akan sangat berdampak buruk nantinya karena akan banyak hutang yang akan dibayarkan. Sebaiknya mulailah menggunakan kartu kredit dengan bijak dan cerdas.

  • Mempunyai kartu kredit tidak Gratis,pengguna kartu kredit akan dikenakan biaya Iuran Tahunan yang tentunya akan dibebankan kepada pemegang kartu kredit.Selain biaya iuran tahunan kartu kredit,apabila kamu melakukan tarik Tunai melalui kartu kredit maka kamu akan dikenakan juga biaya tarik tunai,kamu juga akan mengalami denda overlimit. 

  • Kartu kredit tidak Gratis, apabila kamu terlambat membayar tagihan kartu kredit maka kamu juga akan dikenakan biaya tambahan atas keterlambatan kamu dalam membayar tagihan kartu kredit. Namun,apabila kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan baik dan cerdas,maka kamu akan merasakan manfaat yang sangat baik atas penggunaan atau memiliki kartu kredit.

  • Penggunaan kartu kredit tentunya akan disertai dengan bunga. meskipun kamu berbelanja menggunakan kartu kredit yang dapat memudahkan pembayaran dengan cicilan, namun ada bunga yang disertai pada tagiha tersebut. hal ini tentunya menjadikan harga barang lebih mahal dari harga yang seharusnya. 


Jika kamu berencana membuat kartu kredit atau mengajukan pembuatan kartu kredit, sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu hal hal mengenai kartu kredit yang akan kamu buat, misal nya seperti berapa biaya iuran tahunan kartu kredit, berapa biaya keterlambatan denda pembayaran tagihan kartu kredit, berapa persen bunga kartu kredit, apa yang terjadi jika terlambat membayar tagihan kartu kredit, bagaimana jika menggunakan kartu kredit sampai bata limit, bagaimana cara menambah limit kartu kredit dan bagaimana cara membayar tagihan kartu kredit.

Jika kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan baik, cerdas dan bijak. Maka kamu akan merasakan manfaat atas penggunaan kartu kredit.Namun apabila kamu tidak bisa menggunakan kartu kredit dengan baik dan bijak, maka tumpukan hutang yang akan kamu hadapi. Oleh karena itu, pelajari lah terlebih dahulu hal hal mengenai kartu kredit yang akan kamu buat. Kamu bisa mencari informasi lengkap pada teman atau kerabat yang telah mempunyai kartu kredit, atau cari informasi lengkapnya di Bankdan tanyakan lansung pada Pihak Bank apa saja prosedur dan syarat syarat kartu kredit.

Sekianlah informasi yang dapat admin sajikan,semoga dengan adanya ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan atas penggunaan kartu kredit bisa menambah informasi untuk kamu,admin mohon maaf jika ada salah atas penulisan artikel diatas,hal ini merupakan ketidaksengajaan admin dalam menulis dan tidak ada bermaksud untuk menjatuhkan ataupun memburuk kan pihak manapun.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter